×
Author Image

Petunjuk Penggunaan

11:40 @ 14 Mei 2019 | Admin Bag. Hum

Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (SJDIH) BAPETEN menampilkan produk hukum peraturan perundang-undangan dan konvensi / perjanjian internasional di bidang ketenaganukliran. Produk hukum peraturan perundang-undangan terdiri dari Undang-Undang Dasar, Undang-Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, dan Peraturan Kepala BAPETEN.

Tampilan awal dari SJDIH BAPETEN adalah ‘beranda’ (home) yang menampilkan pilihan akan produk hukum (Undang-Undang Dasar, Undang-Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, dan Peraturan Kepala BAPETEN), Konvensi/perjanjian internasional, Produk Hukum lainnya, Berita dan Artikel terkait hukum ketenaganukliran, serta link SJDIH nasional dan internasional.

Menu navigasi 'Produk Hukum’ terdapat di menu bagian kiri halaman utama. Penelusuran Peraturan Umum (UUD, UU, Perpu, PP dan Perpres) dan Peraturan Kepala BAPETEN yang tersimpan dalam bentuk metadata dapat dilakukan berdasarkan tahun ataupun jenis dan tingkatan peraturan perundang-undangan.

Gambar 1.

Halaman depan Website (lihat Gambar 1) menampilkan menu utama yang terletak di pojok kiri atas, terdiri dari “Beranda”, “Tentang”, dan “Panduan.” Menu disebelah kiri terdiri dari Produk Hukum, Konvensi Internasional, dan Lain-lain, dan Menu disebelah kanan yang terdiri dari link nasional, internasional, dan website BAPETEN. Beberapa diantara Menu-menu tersebut memiliki sub-menu. Apabila anda ingin mencari Produk Hukum misalnya Peraturan Kepala BAPETEN tentang Reaktor Non Daya, maka anda dapat memilih dengan mengklik klasifikasi Peraturan Kepala BAPETEN (lihat Gambar 2).

Gambar 2.

 

Search

Anda dapat menggunakan metode search untuk penelusuran informasi peraturan dengan cara memasukkan keywords di kotak search. Misalnya anda dapat memasukkan keywords “reaktor non daya”di search, maka anda akan diantar ke Peraturan-peraturan yang terkait dengan keyword tersebut.

Jika anda memasukkan keywords lebih dari satu kata, maka mesin pencari akan mencari dan akan menampilkan dokumen peraturan yang memiliki semua kata-kata tersebut. Setelah anda menemukan peraturan yang anda cari, dan anda mengklik peraturan tersebut, maka akan keluar daftar sebagai berikut :

  • Judul Peraturan
  • Nomor
  • Tanggal Terbit
  • Abstrak
  • Keterangan
  • Telah dilihat sebanyak
  • Lampiran Berkas Peraturan (biasanya dalam bentuk pdf)


 

Abstrak

Jika anda memilih salah satu peraturan, akan muncul abstrak untuk peraturan tersebut. Abstrak menampilkan beberapa informasi penting secara singkat agar anda dapat menilai apakah dokumen peraturan yang terlampir pada abstrak tersebut sesuai dengan keperluan anda.

Dokumen peraturan dapat langsung anda unduh (download) dengan mengklik judulnya di bagian atas abstrak. Sebaiknya anda perhatikan ukuran file dokumen peraturan yang tertera sebelum mengunduh (download) untuk memastikan koneksi internet anda mencukupi.


 

Dokumen Peraturan

Dokumen peraturan yang ditampilkan di sini terdiri dari dua jenis:

Pertama dokumen peraturan cetak yang dipindai (scan). Ukuran file jenis dokumen ini cukup besar, tergantung tebal peraturan, karena dokumen jenis ini disimpan berupa image.

Kedua, dokumen peraturan yang dari awalnya sudah berbentuk file elektronik, biasanya peraturan relatif masih baru. File jenis dokumen ini relatif lebih kecil sehingga cepat mengunduhnya. Karena berupa teks, maka anda dapat melakukan full text search atas peraturan jenis ini.